Murbei sering disebut juga dengan nama babasaran. Dalam bahasa Inggris murbei disebut sebagai kelompok mulberry. Tumbuhan ini tergolong ke dalam keluarga Moraceae.

Ciri Morfologis Murbei

Murbei termasuk kelompok tumbuhan perdu menahun. Daunnya mirip daun bunga sepatu. Cabang dan rantingnya tidak berduri. Tetapi, beberapa orang sering tertukar mengidentifikasi murbei sebagai arbei atau arben.

Lihatlah beberapa dokumentasi foto berikut ini untuk mengenal penampakan fisik tumbuhan murbei lebih dekat.



buah murbei setengah masak




daun murbei




buah murbei muda




Manfaat Murbei
Tumbuhan murbei memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, di antaranya sebagai berikut:
1. Daunnya dapat digunakan sebagai obat luka, borok, dan pembersih darah.

Untuk luka atau borok, daun dapat dilayukan, lalu remas-remas/haluskan sampai menjadi pasta dan campur dengan minyak kelapa. Tempelkan pasta daun murbei pada luka/borok.

Untuk pembersih darah dan radang kulit, rebus segenggam daun murbei dengan 2 gelas air, hingga tersisa satu gelas. Minum setelah suhu rebusan hangat. Minum secara rutin sekali dalam sehari.





2. Rantingnya dapat digunakan sebagai obat rematik.

Potong-potong ranting tanaman murbei lalu jemur. Rebus sebanyak 15 gram ranting kering murbei dengan 3 gelas air, hingga tersisa 1 gelas, lalu minum setelah suhu air hangat.









3. Buahnya dapat digunakan sebagai bahan terapi hepatitis, kurang darah, dan hipertensi.

Blender 10 buah murbei segar dengan campuran segelas air, lalu minum sekaligus. Lakukan rutin 2x sehari dengan dosis yang sama.





Manfaat murbei, sangat banyak , bukan? Tanamlah di pekarangan. Kita bisa menanamnya di lahan maupun di dalam pot. Murbei dapat diperbanyak dengan cara setek.





Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, silakan klik like atau share pada ikon media sosial di bawah tulisan.