Manfaat aloe vera untuk rambut sudah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu. Meskipun secara medis belum ada penjelasan yang rinci, namun berdasarkan pengalaman praktis, aloe vera atau lidah buaya terbukti memiliki beberapa kegunaan yang penting untuk rambut. 

Pelajari  5 manfaat aloe vera gel untuk rambut serta cara mengolahnya dalam uraian di bawah ini.

 

Melembapkan Kulit Kepala

Gel yang terdapat dalam aloe vera bersifat dingin dan mengandung banyak kadar air. Hal itu sangat membantu untuk melembapkan kulit kepala yang kering. Mengoleskan gel lidah buaya secara rutin setiap kali akan keramas, akan membantu menjaga kulit kepala Anda dalam keadaan terhidrasi.

 

Mengurangi Rambut Rontok

Rambut rontok bisa menjadi masalah yang mengganggu jika tidak segera diatasi. Selain membuat jumlah rambut menjadi semakin tipis, juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Tentu tidak enak bukan, jika pada saat memasak, menyapu, atau melakukan kegiatan harian, kita dibayangi dengan rambut yang jatuh di zona kerja kita. Gel aloe vera dapat mengatasi masalah tersebut, karena mengandung vitamin C, A, dan E. Ketiga vitamin tersebut dapat membantu mempercepat pertumbuhan sel baru yang sudah rusak dan menguatkan akar rambut.

Caranya, cukup oleskan gel lidah di seluruh bagian rambut, terutama kulit kepala. Lakukan  setidaknya seminggu tiga kali, selama satu bulan, maka kerontokan rambut akan sangat jauh berkurang.

 

Menebalkan Rambut

Tak hanya menguatkan akar rambut, sehingga mengurangi jumlah kerontokan, gel aloe vera yang mengandung vitamin E juga dapat merangsang pertumbuhan rambut. Bagi orang dewasa atau anak-anak yang ingin menebalkan rambut, sangat direkomendasikan memakai aloe vera sebagai bahan terapinya.

Rajin-rajinlah mengoleskan gel lidah buaya di kulit kepala paling sedikit 1-2 kali setiap minggunya, maka Anda akan melihat pertumbuhan rambut baru sangat cepat terjadi.


Mengatasi Rambut Berminyak

Rambut yang terlalu berminyak pasti sangat mengganggu kenyamanan Anda. Gunakan aloe vera untuk mengurangi kadar minyak di rambut, dengan cara mencampur gel aloe vera dengan cairan air mawar buatan sendiri, lalu jadikan sebagai bahan cem-ceman rambut sebelum Anda keramas. Lakukan minimal 1x/minggu.

 

Mengatasi Radang Akibat Ketombe

Salah satu sifat gel aloe vera adalah anti radang. Selain digunakan untuk mengatasi radang di organ dalam, aloe vera juga sangat efektif untuk mengatasi radang di area luar tubuh, termasuk kulit kepala. Peradangan yang terjadi di kulit kepala salah satunya disebabkan oleh ketombe. 

Selain mengoleskan gel aloe vera di bagian kulit yang radang, Anda juga dapat mengolah dulu aloe vera menjadi krim atau salep dengan menambahkan minyak zaitun dan lilin lebah. Cara pembuatannya akan dibahas dalam artikel khusus.

Nah, demikian beberapa kegunaan aloe vera untuk rambut. Ada kegunaan lain yang menurut Anda belum dicantumkan pada artikel ini? Silakan tulis di kolom komentar, ya.