Daun sirih merah dikenal sebagai daun tanaman obat yang multifungsi. Selain dapat menjadi antiseptik juga dapat mengobati berbagai penyakit, seperti menurunkan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkn kadar kolesterol, dan satu lagi adalah sakit gigi.

Salah satu senyawa yang terdapat di dalam daun sirih merah adalah flavonoid.  Senyawa ini memiliki khasiat sebagai anti oksidan yang dapat mengurangi peradangan. Karena itulah, daun sirih merah sering dimanfaatkan sebagai alternatif obat untuk penyakit-penyakit yang behubungan dengan radang dan bakteri, salah satunya sakit gigi.

Sakit gigi dapat disebabkan oleh gigi berlubang ataupun pembengkakan gusi karena abses. Jika kondisi sakit gigi sudah sangat mengganggu, sehingga bahkan menyebabkan sulit tidur dan beraktivitas, daun sirih merah dapat diandalkan sebagai obat instan yang mujarab, karena bersifat analgesik (menghilangkan rasa sakit) dan pembunuh bakteri.

Mengolah Daun Sirih Merah untuk Sakit Gigi

Mengolah daun sirih untuk sakit gigi sangatlah mudah. Ikuti tahapannya berikut ini:

1. Ambil dua lembar daun sirih merah dan 1 lembar dun sirih hijau. Daun sirih hijau sebenarnya opsional, karena fungsinya untuk mengurangi rasa pahit pada ramuan.

2. Cuci bersih daun siri.

3. Robek-robek daun sirih lalu masukkan ke dalam gelas atau cangkir.

4. Seduh dengn air panas lalu tutup gelasnya. Diamkan selama 10-15 menit.

5.  Setelah 15 menit, saring daun sirih. Jika masih panas, bisa ditunggu hingga suhunya hangat, lalu kumur-kumur dengan air seduhan itu, dan minum sebagiannya. 

Insyaa Allah, dalam hitungan jam, gejala sakit pada gigi atau gusi dapat mereda.

Sangat mudah bukan membuat obat sakit gigi dengan daun sirih? Selamat mencoba.