Ceri barbados atau acerola cherry  (Malpighia emarginata) adalah tumbuhan perdu yang buahnya kecil. Warnanya hijau muda saat masih mentah dan merah menyala saat buah sudah matang. Bunganya kecil berwarna pink. Buah cherry barbados kaya vitamin C serta potasium.

Menanam di dalam Pot

Tumbuhan ceri barbados dapat ditanam di dalam pot dan bisa berbuah sangat banyak tanpa mengenal musim.

Banyak orang menjadikannya tanaman bonsai karena daunnya yang kecil, buah yang cantik, dan batangnya yang liat namun tidak terlalu besar.

Media tanam yang baik untuk ceri barbados hampir sama dengan tabulampot lainnya, yaitu mengandung unsur hara yang cukup dan gembur. Gunakan tanah, pupuk kandang, dan sedikit sekam atau kompos untuk media tanam awal. Pupuk lanjutan dapat diberikan seminggu sekali.

Gunakan kompos cair organik sebagai pupuk lanjutan. Pupuk cair organik dapat dibuat sendiri dari bahan organik di sekitar. Cara pembuatan pupuk cair organik dapat dibaca di sini



Manfaat Buah Cherry Barbados

Beberapa manfaat buah cherry barbados di antaranya: mencegah sembelit, menurunkan tekanan darah, mengurangi radang gout karena asam urat, menurunkan risiko penyakita jantung, menmbah daya tahan tubuh, dan dapat mengurangi flek atau pigmentasi kulit jika digunakan sebagai masker.

Rasa buah yang asam mengindikasikan tingginya kandungan vitamin C, sehingga tak heran jika buah ini menjadi salah satu bahan dasar suplemen vitamin C dari brand suplemen terkenal Blackmores.