Saat kita menanam cabe, tentu saja tujuan kita adalah panen. Namun, jika hama menyerang dan kita membiarkannya, harapan itu kemungkinan tak akan tercapai, sekalipun kita memberi pupuk terbaik bagi tanaman. Risiko pembiaran paling kecil adalah sedikitnya hasil panen, dan yang paling besar tentu saja tak bisa panen sama sekali. Sangat sayang bukan, jika segala energi dan sumber daya yang sudah kita keluarkan untuk menanam, sia-sia saja, hanya karena kita malas menangani hama dan penyakitnya. 

Cabe sendiri, tergolong tanaman hortikultura yang rentan hama-penyakit, terutama jika ditanam pada musim penghujan. Tak heran, petani skala besar akan selalu menganggarkan biaya pestisida cukup besar untuk mengatasi hama dan penyakit cabe. Akan tetapi, jika pembasmian hama dengan pestisida sintetis dilakukan terlalu sering, maka pencemaran lingkungan dan bahaya kesehatan tak terelakkan pasti terjadi dalam jangka panjang. Lalu apa solusinya?

Pestisida Organik

Selama bertahun-tahun, sebenarnya sudah banyak petani yang meramu pestisida alternatif dari berbagai bahan nabati sebagai  pestisida organik. Akan tetapi, belum ada ramuan paten yang bisa secara luas teruji. Bahan baku,cara pembuatan, dan aplikasi serta efektivitasnya masih pada tahap uji coba personal atau dalam lingkup kecil tanpa ada laporan penelitian yang terdokumentasi untuk pegangan para petani lainnya.

Oleh karena itu, penemuan sulfur cair ala JADAM, sebagai bahan aktif pestisida ramah lingkungan sangat menggembirakan. Bahan bakunya termasuk gampang didapat dan cara pembuatannya juga tergolong cukup mudah (namun tetap dengan panduan yang cermat). Pemakaian SULFUR CAIR untuk pestisida dikembangkan dan diuji selama hampir 30 tahun di Korea Selatan oleh Mr. Youngsang Cho dengan tingkat keberhasilan yang sangat baik. Aplikasinya dilakukan di lahan pertanian skala besar.

Sebagai tambahan informasi, Mr. Youngsang Cho dengan metode JADAM-nya juga mengembangkan pembuatan dan pemakaian aneka keperluan pertanian organik lainnya dengan bahan baku yang tersedia di alam, seperti pupuk cair dari sisa hasil pertanian dan rumput-rumputan, pembiakan bakteri penyubur, pestisida herbal, dan bahan perekat (wetting agent) untuk dicampur dengan pestisida organik agar efektivitas pestisidanya lebih optimal.


JADAM Sulfur untuk Cabe

Kembali kepada penanganan hama penyakit cabe, JADAM sulfur terbukti efektif di kebun kecil saya. Memakai dosis 1-4 ml untuk 1 liter air dan ditambah 10-20 ml JADAM Wetting Agent (JWA), Jadam sulfur disemprotkan hanya ketika ada tanda-tanda gangguan hama pada tanaman. 

Lakukan penyemprotan 3-7 hari berturut-turut sesuai tingkat keparahan yang ditimbulkan. Waktu paling baik untuk penyemprotan adalah pada sore hari (sekitar jam 4 ke atas), yaitu  pada saat stomata mulai menutup dan hama biasanya aktif. Semprotkan terutama pada bagian bawah daun, karena hama biasanya akan bersembunyi di sana.

Jenis hama yang dapat diatasi dengan JADAM Sulfur di antaranya: thrips, tungau, aphid, kutu daun, dan kutu kebul. Sementara hewan-hewan lain, seperti aneka serangga berguna seperti kepik, belalang sembah, laba-laba, akan tetap terjaga eksistensinya meskipun tanaman disemprot JADAM Sulfur. Dan kita pun tidak perlu menggunakan masker atau APD untuk melindungi diri dari semprotan pestisida organik ini, karena sudah teruji bahan ini aman bagi manusia.

Catatan Kecil Pemakaian JADAM Sulfur

Sekalipun JADAM Sulfur tergolong aman bagi lingkungan, namun tidak dianjurkan untuk dipakai secara membabi-buta. Gunakan dalam dosis yang disarankan dan jangan diberikan kepada tanaman jika terlihat sehat. Mengapa demikian? Karena dalam jumlah yang besar,  sebagaimana sifat aslinya yang merupakan mineral alam yang bisa memadat, sulfur atau belerang bisa membuat tanah menjadi keras jika diberikan secara berlebihan.

Nah, demikian sedikit ulasan tentang JADAM Sulfur untuk tanaman cabe. Bahan baku dan cara pembuatan Jadam Sulfur dapat ditonton di channel Youtube resminya, yaitu JADAM ORGANIC FARMING. Dan untuk pembuatan JADAM WETTING AGENT silakan klik di SINI

Pesan JADAM Sulfur Siap Pakai

Jika teman-teman merasa repot membuat cairan JADAM Sulfur sendiri, namun ingin mencobanya dalam skala kecil, JADAM Sulfur dapat dipesan di SINI. Kapasitasnya 300 ml, dapat digunakan untuk 75-300 kali pemakaian. Harga Rp. 20.000 untuk satu botol JADAM Sulfur.