Krisis pangan sudah menunjukkan tanda-tanda nyata akan terjadi. Tetapi, hal itu tak bisa diatasi hanya dengan uang yang banyak. Ada dua cara yang lebih efektif dalam mengatasi kelangkaan bahan pangan:
 
1. Mengubah mindset kita dan anak-anak kita tentang makanan. Selama ini, definisi makanan hanya terbatas pada apa-apa yang dijual di pasaran umum. Padahal kalau kita gali dengan cermat, ada banyak tumbuhan yang bisa dikonsumsi sebagai makanan dan gizinya juga tinggi. Mulailah membiasakan diri dengan mengonsumsi varian yang beragam itu, sehingga ketersediaan pangan kita tidak dikendalikan oleh apa yang ada di pasaran.
 
2. Kembalilah menanam, sebagaimana tradisi orang-orang di masa lalu dalam memenuhi kebutuhan makanan mereka. Jika tak punya lahan sendiri, bisa sewa atau pinjam lahan kosong milik orang lain. Jika tak punya halaman di area bawah, bisa manfaatkan balkon, dll.
 
Selengkapnya bisa ditonton dalam salah satu video dari Mr. Jon Jandai (Seorang petani, pengajar, dan Founder Komunitas Pun Pun di Thailand) di bawah ini: