Komfrey sudah lama dikenal sebagai tanaman obat, khususnya untuk obat luar. Akar dan daunnya dapat mengobati luka memar, meredakan radang sendi, patah tulang, luka bakar, nyeri karena rematik dan gout, dan terkilir. Hal itu karena, tanaman komfrey mengandung zat allantoin, yang berguna untuk meremajakan sel kulit  dan  mengandung asam rosmarinic  yang dapat menyembuhkan peradangan pada sendi dan tulang. 

Akan tetapi, perlu dicermati, meskipun memiliki zat yang bermanfaat, belakangan diketahui, tanaman komfrey mengandung zat lain yang berbahaya dan bersifat racun jika dikonsumsi sebagai obat oral. Zat beracun yang ada di dalam tanaman komfrey dinamakan alkaloid pyrrolizidine. Zat tersebut bisa merusak fungsi hati jika terkonsumsi dalam jangka waktu yang panjang dan bisa menyebabkan kanker. Karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi komfrey, terlebih jika takaran resepnya belum teruji oleh ahli pengobatan.

Cara Mengolah Komfrey untuk Obat Luar

Cara praktis untuk memanfaatkan komfrey sebagai obat luar adalah dengan membuatnya menjadi salep atau krim kulit. Komfrey dapat ditambahkan ke dalam campuran lain, misalnya lidah buaya, dengan konsentrasi sekitar 5-10% dari keseluruhan bahan baku.

Membuatnya menjadi salep atau krim, akan lebih praktis digunakan kapanpun dan di manapun, serta lebih tahan lama.

Komfrey untuk Bahan Baku Kompos

Salah satu kegunaan komfrey yang bisa dikatakan jarang diangkat adalah sebagai bahan baku kompos, baik kompos kering maupun kompos cair. Komfrey mengandung nitrogen yang tinggi dan sangat mudah lapuk, sehingga menjadi bioaktivator yang baik,  yang akan mempercepat proses pengomposan jika dicampur dengan bahan lain yang mengandung karbon.

Salah satu keunggulan lain dari komfrey, tanaman ini  juga sangat mudah menjadi rimbun, sehingga para petani rumahan yang memakai cara organik, akan selalu punya stok bahan baku hijau dari komfrey.

Selain diolah menjadi kompos, komfrey juga dapat dijadikan sebagai mulsa, baik mulsa hijau maupun mulsa kering. Cara menggunakannya sangat mudah. Kita hanya perlu memangkas daun komfrey lalu meletakkannya di sekitar tanaman.

Nah, besar sekali kan manfaat komfrey. Ambil manfaatnya dan hindari efek sampingnya dengan pemanfaatan yang sudah terbukti aman.