Memiliki tanaman apel sendiri pastilah sangat menyenangkan. Tetapi, banyak orang akhirnya mengubur keinginan itu, dan tidak pernah berusaha menanamnya dari biji, karena beberapa alasan. Salah satu alasan adalah karena butuh waktu lama untuk menumbuhkan biji apel. Nah, sekarang jangan khawatir, berikut ini akan ditunjukkan cara menumbuhkan biji apel agar bisa ditanam sendiri di pekarangan.

 


 Langkah-Langkah Menanam Apel 

1. Pilih biji dari buah apel yang matang sempurna, ditandai dengan rasanya yang manis dan aromanya yang harum. Saya memilih biji apel fuji.

2. Rendam biji apel di dalam air hangat selama 24 jam

3. Setelah perendaman selesai, ambil tisu lalu basahi dengan air. Menggunakan sprayer akan lebih baik agar tisu basah merata. Lipat tisu hingga terbentuk lapisan yang agak tebal.

4. Letakkan biji apel di atas tisu lalu bungkus dengan cara melipat tisu hingga menutupi biji.

5. Masukkan tisu berisi biji apel ke dalam plastik klip.

6. Letakkan plastik klip berisi biji apel di dalam kulkas (bukan di freezer, ya). Mungkin muncul pertanyaan, mengapa harus disimpan di lemari es? Alasannya, agar sesuai dengan temperatur di negeri asalnya yang beriklim subtropis.

7. Tunggu hingga 10-12 hari lalu periksa biji.

8. Jika bijinya bagus, maka dalam 10-12 biji akan terlihat berkecambah

9. Setelah biji terlihat berkecambah, keluarkan dari lipatan tisu, 

10. Semai  biji di pot kecil dengan memakai media tanam yang subur. Letakkan pot di tempat teduh.

11. Dalam 3 hari, biji bisanya akan mulai tumbuh.

12. Rawatlah apel kecil ini dengan cara menyiramnya dua kali sehari dan letakkan di tempat yang kena cahaya matahari. Setelah tumbuh setinggi 30 cm, tanaman apel dapat ditanam di pot besar atau lahan.