Cara Menanam Microgreen Bunga Matahari


Microgreen bunga matahari mulai dilirik sebagai alternatif sayuran hijau. Biasanya tanaman ini hanya dibiarkan berbunga dan diambil bijinya. Bagaimana cara menanam microgreen bunga matahari? Silakan ikuti langkah-langkahnya dalam uraian di bawah ini.



  1. Siapkan biji bunga matahari yang berasal dari hasil panen. Jika kita membelinya, pastikan si benih tidak disemprot pestisida.
  2. Rendam biji bunga matahari selama kurang lebih 6 jam agar menjadi lembap sehingga bisa tumbuh lebih cepat.
  3. Siapkan wadah dengan ketinggan 10-15 cm. Kita bisa pakai pot kecil atau wadah-wadah bekas kemasan biskuit. Jika memakai wadah bekas kemasan, lubangi dulu bagian bawahnya dengan paku, agar kelebihan air bisa keluar (tidak menggenang di dalam wadah)
  4. Siapkan media tanam: kompos halus + arang sekam
  5. Tuangkan media tanam ke dalam pot dengan ketinggian sekitar 7 cm dari dasar pot.
  6. Siram dengan gembor berlubang kecil hingga merata.
  7. Letakkan beberapa biji bunga matahari yang sudah kita rendam di atas permukaan media tanam. Letakkan secara berdekatan tapi tidak saling menumpuk.
  8. Tutup biji-biji itu dengan media tanam kering hingga sempurna.
  9. Siram lagi dengan gembor/sprayer.
  10. Tutup permukaan pot dengan plastik hitam. Letakkan pot di tempat teduh yang ternaungi dari panas dan hujan.
  11. Dalam 2-3 hari, biasanya biji mulai berkecambah. Jika hal itu terjadi, plastik penutup dapat dibuka. Dan pindahkan pot ke tempat yang terkena cahaya tidak langsung.
  12. Siram setiap hari dengan sprayer atau gembor cukup sekali dalam sehari
  13. Setelah berumur 10-14 hari, di mana tinggi tunas mencapai 5-10 cm, microgreen sudah bisa dipanen dengan cara memotong batangnya.
  14. Microgreen bunga matahari dapat dimakan sebagai lalap mentah/salad atau ditumis sekejap dengan campuran bawang putih.













Post a Comment

4 Comments