Manfaat daun nilam untuk parfum sudah diketahui banyak orang, namun untuk mengolahnya menjadi bibit parfum membutuhkan alat khusus yang harganya cukup mahal, yaitu alat distilasi/penyulingan. Tetapi, jangan khawatir. Kita bisa menggunakan cara yang sederhana untuk memfungsikan daun nilam sebagai pewangi, minimal sebagai pewangi ruangan.


Langkah pertama, tentu saja kita memiliki tanaman nilam di pekarangan. Jika ingin menanamnya, kita bisa membeli bibit nilam di toko online. Tanaman ini menyukai tanah yang gembur dan subur. Kita bisa menanamnya di dalam pot.

Perawatan tanaman nilam sangat mudah. Kita hanya perlu memberinya air yang cukup, nutrisi pada media tanam, dan cahaya matahari.

Setelah tanaman berdaun rimbun, kita bisa secara mencicil memanen daun nilam. Keringkan di tempat yang tidak terkena matahari langsung, lalu simpan di wadah kaca setelah daun mengering.

Daun nilam yang sudah kering dapat direndam dengan minyak zaitun untuk melewati proses infus selama minimal 1 minggu. Aroma wangi nilam akan turun ke dalam minyak. Minyak hasil rendaman kemudian bisa kita saring dan simpan di botol coklat. Gunakan untuk minyak urut atau dioleskan untuk melembabkan kulit.

Cara lain menggunakan daun nilam adalah dengan membuatnya menjadi bahan baku pot pourri. Campurkan nilam kering dengan beberapa bahan wangi lainnya, misalnya kulit jeruk lemon kering atau mawar. Letakkan bahan-bahan kering pada mangkuk, lalu letakkan di tengah ruangan atau kamar tidur, sehingga wanginya yang lembut dapat menjadi pengganti dari pengharum sintetis.

Nah, mudah bukan memanfaatkan daun nilam? Selamat mencoba.