Jangan buang air cucian beras! Kandungan nitrogen yang cukup tinggi, plus juga kalium, dan kalsium, serta vitamin B pada air cucian beras membuatnya cocok untuk dipakai sebagai pupuk tanaman, terutama sayuran daun. Air cucian beras juga dapat membantu memperbaiki struktur tanah yang padat menjadi gembur. Jika tanah menjadi gembur, oksigen akan lebih mudah masuk ke dalam akar, sehingga mempercepat pertumbuhan tanaman.

Pupuk Organik Cair (POC)

Selain disiramkan dalam keadaan segar, air cucian beras juga dapat diolah dengan cara fermentasi menjadi pupuk organik cair yang dapat dipakai dalam jangka lebih panjang. Proses fermentasi dipercaya akan menambah kandungan nutrisi di dalamnya.

Cara Membuat POC dari Air Cucian Beras

Ada beberapa cara untuk membuat POC dari air cucian beras. Salah satu metode paling mudah adalah sebagai berikut:


  1. Tampung air cucian beras dalam wadah bersih yang bebas dari minyak dan garam. Kita bisa menampung selama maksimal tiga hari untuk memperoleh jumlah yang cukup banyak. Air yang kita tampung sebaiknya hanya dari hasil pencucian pertama, dan hasil pencucian selanjutnya bisa dipakai sebagai pupuk segar yang langsung disiramkan kepada tanaman.

  2. Pada maksimal hari ketiga, air cucian beras biasanya sudah mulai beraroma asam atau basi, namun masih belum benar-benar asam. Ini adalah waktu yang tepat untuk memulai proses fermentasi. Untuk 2 liter air cucian beras, tambahkan sekitar 3 sendok makan gula pasir atau gula merah, lalu aduk rata.

  3. Tutup wadah penampungan dengan kain berpori halus lalu ikat dengan karet. Penutupan wadah dimaksudkan agar serangga tidak bisa masuk ke dalam wadah. Proses fermentasi aerob (dengan udara) kini dimulai.

  4. Setiap dua hari sekali kita bisa mengaduk cairan untuk membuat sirkulasi udara merata.

  5. Hari ke-7 proses fermentasi sudah bisa dianggap cukup.  Jika proses fermentasi berhasil, kita akan mencium aroma tape pada air cucian beras dan ada gumpalan putih mengambang di atasnya.

  6. Simpan POC di dalam botol yang tutupnya diberi lubang. Fungsi lubang sebagai saluran sirkulasi udara, untuk mengeluarkan gas yang mungkin masih tersisa. Jika tidak ditutup, ada peluang botol jadi mengembang dan akan terdengar letupan saat kita membuka tutup botol.


POC dari air cucian beras bisa awet hingga 2 bulan.


Cara Menggunakan POC dari Air Cucian Beras

1. Campurkan 10 ml (sekitar 2 sdm) POC dengan 1 liter air, buat kelipatannya untuk jumlah lebih banyak.

2. Aduk rata, lalu siramkan di atas media tanam, 3 hari sekali.

3. Hindari memberikan pupuk ini pada tanaman yang baru disapih, karena tanaman masih beradaptasi.

Lebih hemat dan efisien, bukan? Selamat mencoba. Semoga sukses.

Video tutorialnya dapat dilihat di bawah ini: