Apakah lidah buaya berbunga? Pertanyaan itu mungkin pernah muncul, mengingat hampir semua tumbuhan biasanya berbunga walau masa kemunculan bunganya berbeda-beda. Ya, lidah buaya juga bisa berbunga jika kondisi temperatur lingkungan mendukung untuknya berbunga. Namun, lidah buaya biasanya akan berbunga paling banyak hanya satu kali dalam setahun.

Bunga lidah buaya umumnya menyerupai struktur bunga sedap malam. Tangkai bunga biasanya akan muncul dari sela-sela pangkal daun, lalu memanjang secara vertikal hingga ketinggian 1 meter atau bahkan lebih. Warna bunga lidah buaya ada yang kuning hingga oranye cerah, tergantung jenisnya.

Lidah buaya sendiri adalah tumbuhan dari genus Aloe. Terdapat ratusan spesies di dalamnya. Tumbuhan ini berasal dari Afrika hingga dataran Arabia yang berhawa panas. 

Jenis lidah buaya yang paling banyak ditanam di pekarangan rumah di Indonesia adalah tipe A Aloe chinensis. Kulit daunnya tidak terlalu tebal dan memiliki corak putih yang lebih rapat di sepanjang daun, dan bisa dikatakan tidak pernah diberitakan berbunga.

Adapun beberapa jenis lidah buaya yang biasanya rajin berbunga berasal dari tipe berikut ini:

  1. Aloe Barbandesis Miler
  2. Aloe rubroviolacea (Arabian Aloe)
  3. Aloe stirata (Coral Aloe),
  4. Aloe ferox (Bitter Aloe)
  5. Aloe marlothii (Mountain Aloe)
  6. Aloe cameronii
  7. Aloe Ciliaris (Climbing Aloe)
  8. Aloe Plicatilis (Fan Aloe)
  9. Aloe perfoliata (Rubble Aloe)
  10. Aloe nobilis (Golden Tooth Aloe)
  11. Aloe petricola
  12. Aloe capitata