Mondokaki (Ervatamia divaricata (L) Bark) adalah tumbuhan perdu berumur panjang. Sepintas, tumbuhan ini mirip dengan kacapiring, terutama bagian daun dan bunganya. Akan tetapi, bunga mondokaki tidak wangi seperti bunga kacapiring dan daunnya lebih betekstur dibandingkan daun kacapiring.


Ciri-Ciri Morfologis MondokakiCiri-ciri morfologis tumbuhan mondokaki dapat dilihat dalam foto-foto berikut ini:

Jika kita patahkan pangkal daunnya akan keluar getah berwarna putih. Getah inilah yang disebut-sebut memiliki khasiat yang baik untuk obat tetes mata.
 

Khasiat Mondokaki untuk Pengobatan

1. Sakit Mata/Mata Merah
Cuci 3 lembar daun mondokaki dengan air matang lalu siram dengan air panas, biarkan sekitar 3 detik lalu angkat. Remas-remas daun sampai halus, tambah 1 sdm air hangat. Saring dengan kain kasa. Gunakan air perasan mondokaki sebagai tetes mata 3x sehari, masing-masing satu tetes.


2. Mengatasi Cacing Kremi

Gunakan 10 gram akar mondokaki dan setengah lembar daun pepaya. Rajang bahan hingga berukuran lebih kecil. Rebus dengan 600 ml air hingga tersisa 300 ml. Minum air rebusan sekaligus masing-masing satu kali sehari sampai sembuh.


3. Radang Kulit Bernanah

Gunakan 5-10 kuntum bunga mondokaki. Tumbuk sampai halus, tambahkan minyak kelapa, lalu oleskan pada kulit yang meradang.