Daun Ungu (Graptophyllum pictum) atau daun wungu, tergolong tumbuhan perdu berumur panjang. Meskipun memiliki nama ungu, namun warna daun tidaklah benar-benar ungu, melainkan kombinasi hijau dan merah tua. Tetapi, ketika daun diseduh atau direbus, warna air rebusan/seduhan biasanya tampak menjadi ungu, dan warna yang tersisa pada daun hanyalah hijau.

Ciri-ciri Morfologis Daun Ungu

Tanda-tanda fisik daun ungu dapat dilihat dalam foto berikut ini:



Khasiat Daun Ungu
Khasiat paling populer dari daun ungu adalah mengobati atau mengurangi nyeri pada penderita wasir. Akan tetapi, daun ungu sebenarnya memiliki khasiat lain. Apa saja khasiat daun ungu?

1. Mengobati haid yang tidak lancar. Bagian yang digunakan adalah bunganya. Ambil segenggam bunga yang sudah dikeringkan, seduh dengan lima gelas air panas, minum air seduhan dalam beberapa kali.

2. Mengobati sembelit. Bagian yang digunakan adalah daunnya sebanyak 7 lembar. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum setelah dingin.

3. Mengobati wasir. Cara pembuatan sama dengan poin nomor 2.

Teh Celup Daun Ungu
Daun ungu dapat diawetkan dengan mengolahnya menjadi teh atau teh celup. Daun ungu kering memiliki khasiat yang sama dengan daun ungu segar. Jika Anda memerlukan teh celup daun ungu, silakan klik foto di bawah ini:




Referensi:
Drs. H. Arief Hariana, Tumbuhan Obat dan Khasiatnya, Seri 1 (Jakarta: Penebar Swadaya, 2007)