Kecombrang adalah sejenis tanaman bumbu yang karakteristik daun dan batangnya mirip dengan lengkuas, namun ukurannya jauh lebih besar dan juga lebih tinggi. Kecombrang memiliki aroma yang khas, yang dapat membuatnya berbeda dengan aroma tanaman bumbu lainnya. 

Bagian tanaman kecombrang yang paling banyak digunakan adalah bunga dan bagian dalam dari batangnya. Tetapi, rimpangnya pun dapat digunakan untuk memasak jika tanaman sedang tidak berbunga.

Manfaat Kecombrang

1. Bahan baku masakan sekaligus bumbu masak.
2. Bahan baku herbal untuk mengobati batuk dan menurunkan kolesterol.
3. Menambah nafsu makan.
4. Bunga potong.

Kecombrang sebagai Bahan Masakan

Sebagai bahan masakan, kecombrang biasa dibuat menjadi sambal, bumbu sayur lodeh, dan campuran tumis sayuran. Salah satu kombinasi yang lezat dengan bahan baku kecombrang adalah bunga pepaya. Tumis bunga pepaya menjadi lebih istimewa dengan campuran kecombrang. Dijamin, nafsu makan akan bertambah dengan menu tersebut.

Mengonsumsi kecombrang sebagai sambal atau masakan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan catatan, bumbu lainnya juga tidak memicu naiknya kolesterol.

Kecombrang sebagai Obat Batuk

Sebagai obat batuk, bagian tanaman kecombrang yang digunakan adalah bunganya. Kukus/bakar bunga kecombrang hingga layu, lalu memarkan. Seduh bunga dengan setengah gelas air, kemudian saring airnya. Minum dua kali sehari.

Selain digunakan sebagai makanan dan obat, kecombrang juga dapat dijadikan bahan baku bunga potong untuk menghias ruangan.
Artikel ini bermanfaat? Silakan klik tombol like dan share di bawah tulisan.