Kenanga (Cananga odorata) banyak ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias. Kenanga yang ditanam di halaman biasanya dari jenis perdu yang tingginya tak lebih dari dua meter. Tumbuhan ini dapat berbunga sepanjang waktu tanpa mengenal musim.





Bunga kenanga memiliki wangi lembut yang sangat khas. Warna dominan pada bunganya yang sudah tua adalah kuning, sedangkan bagian pangkalnya berwarna kehiaju-hijauan. Karena wanginya yang kuat, bunga kenanga masuk dalam daftar bahan baku pembuatan minyak asiri untuk parfum maupun aroma terapi.





Ciri Morfologis Tumbuhan Kenanga
Beberapa ciri tanaman kenanga dapat pembaca lihat dalam foto berikut:





Tanaman kenanga yang sedang berbunga.
(Sumber foto: https://pixabay.com/photos/ylang-ylang-flower-smell-yellow-1118057/)




Manfaat Kenanga
Selain untuk bahan minyak wangi, bunga dan kulit batang kenanga juga dapat menjadi bahan obat herbal untuk beberapa penyakit. Beberapa manfaat kenanga untuk obat dapat dirangkum sebagai berikut:
1. Obat Asma dan Bronkhitis
Jika gejala asma kambuh, seduhlah 3 kuntum bunga kenanga kering dengan segelas air panas. Tutup gelas selama 15 menit lalu saring, dan minum air seduhannya. Lakukan secara rutin satu kali sehari untuk hasil yang lebih baik.

2. Obat Sesak Nafas
Rebus 1/2 genggam bunga kenanga dengan 2 gelas air hingga tersisa satu gelas. Saring hasil rebusan lalu minum 2x sehari, masing-masing 1/2 gelas.

3. Kudis
Tumbuk sekitar 50 gram bunga kenanga hingga halus, lalu tambahkan minyak VCO atau minyak zaitun. Panaskan dengan api kecil. Oleskan minyak pada kulit yang terkena kudis secara rutin hingga sembuh.





Cara Pengawetan Bunga Kenanga
Setelah berwarna kuning tua, bunga kenanga biasanya akan jatuh dan mengering di tanah jika tidak kita panen. Oleh karena itu, jika kenanga berbunga lebat, jangan lupa untuk memanennya segera. Bunga kenanga hasil panen dapat kita awetkan sebagai persediaan obat-obatan ataupun aroma terapi dan wangi-wangian.





Cara pengawetan bunga kenanga paling mudah adalah dengan dijemur atau dikeringkan. Setelah kering, bunga dapat disimpan dalam stoples kaca tertutup dan letakkan di tempat yang sejuk.





Bunga kenanga hasil panen.
(Sumber foto: https://pixabay.com/photos/ylang-ylang-flower-plant-2148082/)




Demikian catatan tentang tanaman kenanga. Cara mengolah kenanga sebagai bahan kosmetika akan dibahas dalam artikel terpisah. Klik follow untuk mendapat kabar artikel terbaru. Klik like dan share jika artikel ini bermanfaat.